Sekarang YouTube Memiliki Fitur Serupa Instagram Stories

melektekno.com – Platform Youtube baru saja memberikan update ke penggunanya. Yaitu sebuah fitur baru bagi pengguna, khususnya content creator YouTube. Fitur ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk merekam video dalam beberapa detik mirip seperti Instagram Stories.

Namun antara YouTube stories dengan Instagram stories memiliki sejumlah perbedaan. Antara lain waktu tayang video dari sebuah akun, Jika kita melihat di Instagram akan tayang maksimal selama satu hari full, baru setelah itu menghilang. Berbeda dengan YouTube stories, stories ini akan tayang selama satu minggu full.

Perbedaan selain waktu tayang yaitu interaksi dari penonton stories tersebut. Interaksi disini yang dimaksut adalah, jika di Instagram stories kita bisa mengomentari tetapi hanya melalui via Direct Message (DM). Sementara itu berbeda dengan YouTube Stories, para penonton yang menonton stories ini dapat membalasnya langsung dan akan ditampilkan.

YouTube Stories
Contoh YouTube Stories

Video yang diunggah di YouTube dapat disaksikan oleh para subscriber channel tersebut maupun penonton umum yang belum berlangganan channel tersebut.

Akan tetapi, YouTube memberi syarat jika ingin menggunakan fitur ini. Syarat yang harus dipenuhi tersebut ialah pengguna harus mempunyai minimal 10.000 subscriber. Selain itu fitur ini baru akan dijumpai di aplikasi YouTube untuk smartphone. Namun untuk di versi website belum ditemukan di YouTube.

Kehadiran YouTube stories ini sebenarnya sudah dipresiksi sejak 2017 lalu. Dimulai dari YouTube membajak salah satu petinggi Snapchat untuk mengerjakan sebuah proyek. Proyek lain itu disebut YouTube stories ini yang dahulu disebutnya Reels.

Kehadiran YouTube stories ini memberi keuntungan terutama bagi para YouTubers untuk lebih dekat lagi dengan para fans dan subscribersnya. Dengan fitur dan keuntungan yang tadi disebutkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *